Wanita Berpinggang Besar Mudah Kena Asma

Nurul Ulfah - detikHealth

California, Idealkah ukuran pinggang Anda? Jika tidak, siap-siap terkena asma. Peneliti dari Amerika menemukan fakta bahwa wanita yang berpinggang besar lebih mudah terkena asma.

Julie Von Behren dan rekannya dari Northern California Cancer Center, Berkeley menemukan fakta bahwa wanita yang berukuran pinggang besar lebih mudah terkena asma daripada wanita berukuran pinggang normal.

Pinggang besar biasanya terkait dengan penyakit obesitas, namun tidak semua wanita juga yang punya pinggang besar tergolong obesitas. Ada ukuran standarnya. Peneliti pun mengatakan bahwa wanita yang ukuran pinggangnya lebih dari 88 cm atau sekitar 34 inci-lah yang berisiko terkena asma.

"Apalagi jika wanita itu obesitas, asmanya bisa semakin parah," ujar Von Behren seperti dikutip dari Reuters, Kamis (8/10/2009).

Von Behren dan rekannya meneliti 88.304 wanita berusia 40 hingga 70 tahun, dan menemukan bahwa wanita yang obesitas lebih banyak mendapat penanganan medis berhubungan dengan penyakit asma yang dideritanya.

Sebanyak 13 persen responden yang mengikuti survei tersebut tergolong obesitas dengan indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) adalah di atas 30. Sebanyak 1,5 persen tergolong obesitas ekstrim dengan BMI lebih dari 40.

BMI adalah ukuran standar untuk mengetahui seberapa besar atau seberapa normal ukuran tubuh seseorang berdasarkan perbandingan tinggi serta berat badannya. BMI yang normal berkisar antara 18,5 dan 24,9.

Meskipun risiko asma memang diketahui lebih besar pada mereka yang obesitas, namun fakta lain yang ditemukan dalam studi ini adalah wanita yang berukuran pinggang besar (meskipun tidak obesitas) lebih rentan terkena asma.

"Studi ini memang menunjukkan risiko asma pada wanita yang kebanyakan tergolong obesitas, tapi ada juga mereka yang pinggangnya besar tapi tidak tergolong obesitas. Jadi yang menjadi standarnya adalah ukuran pinggang, apakah termasuk normal atau tidak," ujar Von Behren.

sumber:http://us.health.detik.com/read/2009/10/08/101838/1217643/763/wanita-berpinggang-besar-mudah-kena-asma

Comments

Slim Sehat

90 % orang gagal dalam program untuk menguruskan badan. Apakah anda termasuk salah satunya???

Katakan tidak !!!


Selesaikan masalah berat badan anda sehingga 2-4 Kg selama 7 Hari secara sehat, alami, aman (selamat) dan murah. Tidak perlu senaman, tidak perlu berlapar, mudah diikuti dan dalam masa yang singkat. Kulit tetap mengencang dan semakin cantik.

Segera dapatkan bentuk tubuh yang slim sehat hanya dengan produk slim sehat kami.

Berminat silakan kirim email : slimdiet_health2@yahoo.com





Label

Live Blog Stats