Tidak Ada Orang Gemuk yang Sehat

Nurul Ulfah - detikHealth

Stockholm, Punya badan gemuk (obesitas) tapi merasa sehat-sehat saja. Sebaiknya jangan terlena karena menurut pakar kesehatan tidak ada orang gemuk yang benar-benar sehat terutama dalam jangka panjang.

Penelitian oleh para ahli di Swedia ini bukan untuk menakut-nakuti atau menyuruh orang berdiet mati-matian. Pesan yang ingin disampaikan menjaga berat badan ideal tidak terlalu kurus atau gemuk agar organ dalam tubuh tidak bekerja terlalu berat.

Bisa saja orang yang bertubuh gemuk merasa saat ini dirinya baik-baik saja, tapi sebenarnya itu menyimpan masalah di kemudian hari terutama yang berhubungan dengan stroke atau jantung.

Kesimpulan itu didasarkan pada studi yang diikuti lebih dari 1.800 pria Swedia berumur antara 30 hingga 50 tahun dengan melihat catatan kesehatan atau kematian yang berhubungan dengan stroke atau jantung.

"Tidak ada orang gemuk atau obesitas yang tidak akan mengalami gangguan kesehatan. Meskipun sekarang terlihat baik-baik saja tapi nantinya akan menemui kesulitan. Tidak ada orang gemuk yang punya metabolisme sehat," tutur Dr Johan Arnlof dari Uppsala University seperti dilansir Health24, Rabu (30/12/2009).

Arnlov dan rekannya tidak hanya meneliti orang gemuk dan obesitas, tapi juga orang-orang dengan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah keadaan seseorang yang punya tiga atau lebih faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, lemak tubuh tinggi, kolesterol baik HDL rendah dan punya ukuran pinggang besar (pria lebih dari 40 inci (98 cm) dan wanita lebih dari 35 inci (85,75 cm)).

Studi ini membantah studi sebelumnya yang menunjukkan tidak terjadi peningkatan risiko kardiovaskular pada pria obesitas yang tidak punya sindrom metabolik, dengan kata lain ada golongan orang obesitas yang sehat.

Tapi berdasarkan laporan, ternyata setelah 15 tahun studi itu berlalu, terbukti para partisipan mengalami gangguan kesehatan metabolisme dan kardiovaskular.

"Hasil itu tidak mengejutkan karena memang semua yang berat badannya lebih dari indeks massa tubuh normalnya pasti akan bermasalah. Jadi tidak ada alasan lagi mengatakan tubuh gemuk tapi sehat," kata Dr Richard A Stein dari New York University.

sumber:http://us.health.detik.com/read/2009/12/30/082505/1268210/766/tidak-ada-orang-gemuk-yang-sehat

Comments

Slim Sehat

90 % orang gagal dalam program untuk menguruskan badan. Apakah anda termasuk salah satunya???

Katakan tidak !!!


Selesaikan masalah berat badan anda sehingga 2-4 Kg selama 7 Hari secara sehat, alami, aman (selamat) dan murah. Tidak perlu senaman, tidak perlu berlapar, mudah diikuti dan dalam masa yang singkat. Kulit tetap mengencang dan semakin cantik.

Segera dapatkan bentuk tubuh yang slim sehat hanya dengan produk slim sehat kami.

Berminat silakan kirim email : slimdiet_health2@yahoo.com





Label

Live Blog Stats