1 Dari 10 Orang Obesitas Merasa Dirinya Sehat

Vera Farah Bararah - detikHealth


img
(Foto: bbc)
Dallas, Penderita kegemukan yang berlebihan (obesitas) yang rawan terkena bermacam penyakit ternyata punya rasa percaya diri yang kuat. Sebagian besar penderita obesitas merasa sehat-sehat saja meski secara fisik rentan terkena penyakit berbahaya.

Dari hasil survei yang dilakukan ternyata didapatkan 1 dari 10 orang yang mengalami obesitas memiliki persepsi yang salah mengenai dirinya karena merasa sehat-sehat saja.

Menurut data dari Dallas Heart Study, hampir 1 dari 10 orang yang mengalami obesitas percaya bahwa ukuran tubuhnya masih terbilang normal dan sehat sehingga dirinya merasa tidak perlu melakukan diet untuk menurunkan berat badannya.

"Itu merupakan persentase yang besar dimana mereka tidak memahami mengenai tubuhnya sendiri dan merasa badannya sehat-sehat saja," ujar Dr Tiffany Powell, seorang peneliti kardiologi di University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas, seperti dikutip dari That's Fit, Selasa (1/12/2009).

Penelitian ini melibatkan 2.056 orang yang obesitas baik laki-laki maupun perempuan. Ternyata didapatkan 8 persen diantaranya merasa puas dengan ukuran tubuhnya, merasa sehat bahkan diantaranya ada yang ingin menambah berat badannya.

"Padahal didapatkan mereka yang berpikiran sehat tetap saja memiliki faktor risiko kardiovaskular yang sama," ujar Powell.

Diantara 8 persen orang obesitas yang merasa dirinya sehat tersebut didapatkan, 35 persen memiliki tekanan darah tinggi, 15 persen kadar kolesterol tinggi, 14 persen menderita diabetes dan 25 persenya adalah perokok.

Lebih lanjut ditemukan bahwa orang yang obesitas tersebut tidak dapat merawat tubuhnya dengan benar serta tidak mengunjungi dokter secara teratur.

Justru kelompok inilah yang memiliki risiko terkena penyakit komplikasi lebih besar dibandingkan dengan orang yang sadar bahwa berat badannya terlalu berlebihan dan harus menguranginya dengan cara yang sehat.

Hasil penelitian ini mengungkapkan sebuah teka-teki yang menarik. Meskipun penting untuk memiliki persepsi positif mengenai diri sendiri, tapi jangan sampai pemikiran yang salah ini membuat orang tersebut memiliki risiko terkena penyakit yang lebih besar.

(ver/ir)

Sumber:http://us.health.detik.com/read/2009/12/01/075228/1251569/766/1-dari-10-orang-obesitas-merasa-dirinya-sehat

Comments

Slim Sehat

90 % orang gagal dalam program untuk menguruskan badan. Apakah anda termasuk salah satunya???

Katakan tidak !!!


Selesaikan masalah berat badan anda sehingga 2-4 Kg selama 7 Hari secara sehat, alami, aman (selamat) dan murah. Tidak perlu senaman, tidak perlu berlapar, mudah diikuti dan dalam masa yang singkat. Kulit tetap mengencang dan semakin cantik.

Segera dapatkan bentuk tubuh yang slim sehat hanya dengan produk slim sehat kami.

Berminat silakan kirim email : slimdiet_health2@yahoo.com





Label

Live Blog Stats